Selasa, 01 Maret 2016

Semangat Ngeblog Berkat NGOPI bareng NOVA

Entah kenapa gw yang lagi nyaman (baca: rempong) jadi ibu dari toddler yang lagi aktif-aktifnya ini, tiba-tiba memutuskan buat ngeblog lagi.

"Ahelah curhat, ato nulis pendapat sekarang bisa di status FB atau caption foto Instagram."
"Bukan orang yang narsis sih gw, jadi gak mau bikin blog."
"eh bukannya susah ya bikin blog? Belum lagi bikin grafis, atau header yang kece abis,"

Itu sebagian komentar-komentar orang mengenai blog. iya, gw mulai ngeblog lagi setelah dulu punya blog berisi curhatan masa-masa remaja dan puisi kegalauan hati. zaman kalian masih buka Friendster dan Facebook baru banget dateng, gw udah punya blogspot dan wordpress loh. Xixii..

Tapi sekarang pengen fokus deh bikin tulisan yang menghibur, menginspirasi (bukan inspirasi dari gw nya tapi apa yang gw ceritain hehe..), dan bermanfaat. Dan satu lagii gw mau jadi BLOGGER BERBAYAR ... *capslock rusak*

klo yg terakhir itu, sebenernya bonus  dari aktivitas nulis yang dilakukan para blogger bukan kayak gw yang dari awal udah punya niat begitu.

Tapi ya gak ada salah nya kan? Gw orangnya suka ikut2  pengen punya penghasilan tambahan lagi. Macem jadi sis.. sis gituu.. eh tapi Secara gak terlalu jago jualan dan agak ga tega kalo sosmed gw isinya jualanan semua. Ditambah belum diizinin juga  sama suami jualan jadi mau apalagi aku mah atuh.. cuma bisa nulis alias curhat di blog.

Nah Mulai ngeblog juga terinspirasi dari blogger Annisa Steviani yang juga admin di Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Jadi waktu itu, inget banget gw, Angkie Yudistia capture tulisan Mak Icha, (punteun teh aku panggil gitu ya kan kan dari KEB)di Instagram Angkie. Judulnya idealisme Vs Kenyataan yang Jlebb bikin gw ngomong sendiri "eh iya ya.. ternyata orang sama kayak gw"
 dan serasa pengen meluk deh sesama ibu baru.

Ini dia Blogger Hitz ituu



Hihi.. si tulisan 'Idealisme Vs Kenyataan' itu bahas idealisme yang sering dikemukakan ahli parenting, psikolog seputar anak baru lahir, bayi pkknya seputar punya anak dan Mak Icha ini cerita kenyataan yang terjadi sesuai pengalaman dia. Haha.. banyakan kontradiktif lah ya. Justru itu yang bikin enak buat dibaca apalagi sama yang merasa senasip. berkat postingan itu sampe sekarang ktagihan baca blognya dia.

Nah, gw akhirnya pengen juga deh cerita macem gitu. Pengalaman jadi ibu buat para calon ibu dan sesama ibu di luar sana. Ya saling 'i feel you' lah ..

Dari blog Mak Icha juga liat postingan-postingannya yang beraneka ragam tema sampe ke bentuknya promosiin barang. Tapi gak keliatan dia lagi promosi loh. Sampai akhirnya makin kesini, doi cerita soal keuntungan jadi blogger berbayar itu. Ahh.. pengen kann??!!!

Mak Icha sering dong ngasih tips ke pembacanya sampe beberapa hari kemarin doi jadi pembicara di acara blogger. Hoaaa... asik nih ketemu sama orangnya langsung ditambah dengan tema talkshow nya gw banget hahaa!!!



"Cerdas menjadi Ibu & Blogger Berbayar." Nah kan.. gw abiss ini mah. Diadain sama Tabloid Nova dalam rangka ultahnya ke 28.

 Ngopi (Ngobrol Inspirasi) Bareng Nova bertempat di Restoran Birdcage, 26 Februari 2016 lalu.

Makasih Nova !!! Menghadirkan blogger paporit akoo!! *ala ala Alay*.

Happy Birthday Tabloid Nova ke 28 !!
Ini bos bos di Tabloid Nova, paling kiri Editor in Chief Ibu Iis R. Soelaeman.


NGOPI bareng NOVA inilah jadi acara blogger pertama yang gw datengin. Plus acara ibu-ibu pertama juga yang gw hadiri. Aaaaaakkkkk... akhirnya gw baru menyadari kalo gw udah jd emak emak ya. LOL!

Bacaan gw emang harusnya Tabloid Nova, bukan G*dis,Cleo, C*osm*girl dsb lagii plis deh :D

Acara ini keren apalagi buat blogger pemula macem gw yang niat biar blognya "menghasilkan".

Kalo kata ibunya Xylo yang gw suka sebut Cilo ini. *sok akrab yeiy* Kenapa harus Blog atau kenapa harus ngeblog ?? Ya harus! Wong kalo kita googling mengenai apapun pasti ujung-ujungnya kesasar di blog orang. Yeee kan??!!

Kenapa ga kita aja yang buat blog itu. Jadi kalo orang mau cari tahu sesuatu bisa tetiba nyasar di blog kita. Nah, klo Mak Icha sih postingn dia yang sering dicari orang mengenai Daycare. Zaman sekarang banyak juga yang mau nitipin anak ke daycare makanya langsung googling dan kayaknya langsung nyungsep di blognya Mak Icha.

 Secara Xylo dititipin di daycare gitu jadi doi bisa berbagi pengalaman tuh  mulai tips milih daycare tepat, apa aja yang dipersiapkan sampe kesan ninggalin anak di daycare yang mengharu biru.

Sampe sangking info di blognya seputar daycare banyak dibaca orang, Mak Icha bilang dia udah kayak konsultan daycare. sering dapat pesan di Facebook nya buat orang nanya ina inuu.. Bahkan ada 3 anak di daycare Xylo yang gabung ke daycare karena liat postingan Mak Icha. #Salut

Iya bener banget, kalo kita googling kebanyakan pasti jadi mampir deh ke blog orang. Makanya mending kita aja deh yang jadi penyedia jasa informasi itu.

Trus, udah punya blog apa aja yg dibahas? Apa aja sih terserah kita hehe wong blog punya kita tapii coba cari Niche kita apa.

Niche itu semacam fokus blog kita mau kemana sih, karena setelah itu kita jadi tau pembaca kita siapa.

Klo mak Icha paling tau banget buat Niche dia. "Saya udah tau blog saya buat ibu baru (anak masih 1) usia 25-30an yg aktif, open minded. Jadi ketika ada job juga disesuaikan sama itu," kata dia.

waaa... lumayan detail ya. Niche ini yg masih belum gw terapin di blog ini. Pelajaran baru yang gw dpt di acara ini. Thx Nova, thx Mak Icha !

Di blog kita juga tonjolin keunikan diri kita. hayoo apaa?? Jangan lupa juga buat maksimalin sosial media. Haha iyalah udah buat postibgan di blog jangan lupa dishare doongg!!

Mak Icha juga kasih tau penghasilan blog dari mana aja. Ada yang paid review dibayar pakai produk atau uang. Ini yang sering Mak Icha lakuin sesuai dengan Niche dia pastinya. Article Placment atau klien kasih artikel untuk ditaro di blog juga bisa jadi sunber job seorang blogger. Tapi untuk yang satu ini, Mak Icha gak mau. Bagi dia blognya ya harus tulisan dia dong, hehe. BENER mak!

Terus Job itu datengnya dari mana?

1. Public Relation (PR) Agency

kalo wartawan paling tau banget deh ini secara kalo ada undangan liputan kebanyakan ya dari PR ini.. makanya kontak kita perlu banget dicantumin kontak kita di blog.

2. Influencer Marketing Platform

mereka ini emang kerjaannya cari-cari orag yang pas buat di-endorse. Pokoknya ya dapet aja lah yang sesuai dengan yang klien mereka mau. Kata Mak Icha ini bayarannya bisa lebih tinggi. #mupeng

3. Komunitas

karena dari komunitas banyak kerjasama yang suka dilakukan. Ini juga yang belom gw lakukan, makanya kemarin waktu ke acara NGOPI bareng NOVA juga sendiri aja. Hebat ya! Halah biasa aja hahaa.. abis liputan kemana mana juga sendiri aku mah orangnya.*sedih.

Jadi gak heran kemarin, gw yang iseng angkat tangan waktu kuis eh malah gw gelagapan jawabnya terus gak ada yang bantuin gitu hahaah cedih plincess.. huahahaa iyalah gak ada temennya. Oke mulai sekarang ikut komunitas blogger yuukk!!

 Selanjutnya,

Dari Tips di atas mana yang masi kurang jelas ? *lho kok kayak gw yang pakarnya. Klo kata Mak Icha konten viral itu sesuatu yang bisa jadi booming banget, entah disengaja ato ga.

Kalau belajar sari blognya dia, postingan viral yang gak disengaja judulnya : Gerakan tanpa Nyetrika. Di post udah lama banget tapi  sampe sekarang masi ada aja yang baca dan viewer nya udh ratusan ribu orang.

Kalo konten yang Mak Icha udh siapin bakal jadi Viral Content seperti tulisan beberapa minggu lalu judulnya : 13 hal yang Hanya  Dirasakan Oleh Ibu Menyusui.

 Hehe bener banged!!. beberapa temen FB gw aja share postingan itu entah dari mana, gw sih udh baca duluan.

Nah di poin ke 3 ada SEO, aduh kalo ini susah dijelasin pokoknya banyak cara supaya tulisan kita bisa dicari oleh Google gitu deh. *males jelasinnya Plis*

Tips terakhir,

*ini mAh kalo udah ada job*


 


Pulang dari NGOPI bareng NOVA kemarin gw jadi tambah semangat. Walau belum apa-apa dibanding blogger yang laen, ahh yang penting KONSISTEN posting. Itu dia salah satu tips paling utama dari Mak Icha..

Mak Icha yang seorang editor di sebuah koran ini. *bukan koran sindo itu mah gw, dan gw juga bukan editor hikz..* buat waktu khusus dia ngblog. Jadi gak kayak gw sambil gogoleran, baru juga nulis dua paragraf udah ketiduran wahHaaaa..

Selain ada Mak Icha NGOPI bareng NOVA juga ada workshop fotografi dari Romy Palar redaktur foto di Tabloid Nova. Doi kasih tau trik foto yang kece badai walo cuma pake kamera hp buat di pajang di blog. Gimanapun juga blog akan semakin menarik kalau fotonya keren!

angle foto penting, jangan ambil foto dari sudut yang  sama. Bisa dari arah berbeda biar keliatan gak mainstrem mungkin ya.. haha gw mah asal jepret woiii padahal wartawan koran woii hahaa... suka males sikk :p

NGOPI bareng NOVA diakhiri dengan banyak hadiah tapi gw gak bawa apa-apa walau ksempatan ada sebenernya. *tetep loh dibahas*  tapi gw Bawa banyak ilmuuuu... dan banyak semangaattt... sama satu temen hehehe..


Hai.. ini Mbak Desi kenalan gw ..

 Sama2 blogger pemula dan disini juga dia dateng sendiri hehehe *ceritanya senasip niyee* ya banyak cerita deh sama mba Desy ini.

NGOPI NOVA bersejarah buat blog gw lah pokoknya. semoga kalau ada acara blog lagi, gw bisa ikut. Thanks Tabloid Nova, 

Selamat Ulang Tahun !!!!



4 komentar:

  1. Andai waktu itu jawabnya gak gagap, pasti ya uang 300rb ga terbang xixixi *Tetep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. sudahlah mba.. jangan kau ingat2.. iseng doang emang angkat tangan biar eksis wkwkwk...

      Thx mba eni suda mampir.. salam kenal :)

      Hapus