Kamis, 17 Maret 2016

Jangan Tanya 13 Pertanyaan ini Pada WARTAWAN




Pokoknya jangan tanya ini pada wartawan. Kalo masih nanya juga, wartawan punya jawabannya... *halah..

1. Gimana teman kantor kamu? Baik kah? Kalian bikin genk seru dong?

Kami wartawan gak punya temen kantor. Temen SEKANTOR punya (alias temen yang kerja satu kantor/satu media yang sama) tapi ya jarang kumpul. Komunikasi tetep dong terjalin, kan ada grup WhatsApp (WA), BBM atau line. Itu juga ngobrol jarang, kalau ada hal penting di kantor, kebijakan ngehe kantor, atau rumpiin bos.

2. Jadi, kalian gak punya temen nih? Buat ngobrol saat kerja? Buat ngopi2 keceh..??

iya gak ada. Tapi jangan salah.. temennya kami banyak. Nih ya.. ada temen liputan, temen nge-pos, temen di desk lama, temen di desk baru, temen liputan di luar kota.

Tau sendiri kan wartawan sering ditugasin ke luar kota bahkan luar negeri. Nah tiap tugas itu, kita selalu dapet temen baru.

Paling gak kontak HP kita  selalu nambah, temen Path juga, followers twitter,Instagram juga. Pokoknya seiring dengan hasil foto2 narsis di tempat liputan itu.
Jadi temen kami ya banyak lah.

Masalah ngopi2 kece juga tinggal pilih. Mau ngopi sambil rileks bisa ajak yg temen wartawan yg ceria selalu. Mau curhat bisa ajak wartawan yang senasib. Misal sesama wartawan jomblo atau sesama wartawan emak2.

Kerja sambil ngobrol? Wah keahlian wartawan banget. Bahkan kita ga takut ngobrol trus dimarahin bos. Wong bosnya di kantor kita di lapangan. :D

Bahkan bermodalkan smartphone sama kuota aja kita kerja kokkk, sambil sesekali foto terus di upload di media sosial

3. Kalian para wartawan jadi gak pernah ngumpul ha-ha hihi pas makan siang gitu? Sekalian jalan2 ke mall sama temen kantor?


Heitsss... iya emang kita gak makan siang sama temen kantor tapi kita makan siang sama temen liputan yang emang gak selalu sama.

Kita para wartawan juga makan siang gratis loh. Kadang di Hotel bintang 5, restoran, kafe, sampe warung pinggir jalan juga tempat lunch kita.

Eits.. justru makan yg enak yg gratis. Iyaa. Kan liputan, biasanya liputan diawali dengan makan siang dulu. Atau diakhiri makan siang, brarti itu liputan pagi.. grrr ngantuk? Ya gak terlalu kan udah coffee break sebelumnya hehe..

Justru makan siang bayar, saat kita gak ada liputan siang tapi perut keroncongan jadi harus segera cari warung nasi. Haha...

Jalan-jalan ke mall, bisa banget! Tempat liputan kadang dekat mall atau memang di mall nya. Kelar liputan bisa cuci mata deh di mall tanpa harus mikir waktu masuk jam kantor.

4. Jadi kalian gak punya meja kantor yang bisa dipajangin foto2 pacar, kekasih, ortu atau anak dong ya?

punya juga meja kantor ya di kantor. Tapi emang ga dihias macem2. Buat apa? Lah kita aja jarang duduk disitu. Meja kantor mungkin udah berdebu kalii...

5. Kaliaan para kuli tinta jadi enak dong gak pernah brhadapan langsung dengan bos. Jarang diomelin?

Aduhhh siapa bilang? No hp kita aja udah sama providernya sama bos. Gunanya biar murah klo telepon2an.  Mereka akan lebih sering telepon kita dari pada pasangan kita sendiri deh kalo berita belum dikirim juga. Atau kitalagi liputan acara penting.

Diomelin ?? Ya suka juga dong.. tapi biasa aja tuh jarang ketemu ini.. LOL!

6. Jadi wartawan gak ada yang namanya closing alias tutup buku tiap akhir bulan yang bikin ketar ketir??

Ada, namanya deadline. Dan itu tiap hari. Beberapa wartawan seminggu sekali.



7. Tapi kalau mau seperti kalian jadi wartawan gitu bisa dari semua jurusan gak harus fikom atau jurusan jurnalistik?  Wah pekerjaan semua bisa dong ya?

Iya semua jurusan bisa asal bisa merangkai kata-kata. Tapi yang punya jiwa wartawan hanya para lulusan jurnalistik atau fikom. Beda passion nya.

8. Katanya jalan sama wartawan bakal aman di jalan?

Hmmm.. coba aja ajak temen kamu yg wartawan dan suruh dia bawa ID pers. Coba bikin kesalahan biar pak polisi nilang kamu.. serahin ID pers.. dan lihat apa yang terjadi selanjutnya???

9. Katanya hidup wartawan ga beraturan ya? Gak ada jam kantor sih?

Iya banget, waktu kerja kita bisa kurang bisa juga lebih dari 8-9 jam seperti orang kantoran lainnya. iya gak beraturan, jadi mau berangkat jam brp aja suka2 kita tuh..

Jadi jarang ngerasain macet pagi atau sore pas jam orang pergi /pulang kantor. Naik kreta juga bisa selalu lowong karena ga bareng para pekerja lainnya.

Agenda jam 1, bisa bangun jam 9, langsung berangkat. Kalo wartawan yang nge-pos juga ga harus dateng pagi lah. Bisa leha-leha dulu, pulang juga terserah mau nongkrong dulu juga bisaa banget!

10. Pakaian wartawan selalu kucel ya. Kerja di luar ruangan sih?

Beberapa iya, tapi pernah liat wartawan fashion? Mereka juga gak mau kalah dari model yang lenggak lenggok di catwalk. apalagi wartawan majalah hitz yang memang diwajibkan untuk tampil modis.

11. Wartawan infotaiment  tuh wartawan gak penting ya?

Heitzz.. emang terlihat ngeberitain sesuatu yang gak penting. Tapi berkat wartawan infotainment/ hiburan beberapa artis jadi terkenal, jdi kaya.. tau artis yang doyan digosipin juga kan???

Wartawan di desk ini juga punya andil besar buat besarin karya anak bangsa. Mau film, lagu ya semua dipublikasiin sm siapa hayo??

12. Gaji wartawan Katanya kecil ya?

Iya kecil.. terus kenapa? karena kami percaya rezeki datangnya bukan dari gaji aja.

Apalagi uang juga datengnya bukan dari kantor aja kan? Rezeki juga bukan hanya uang, kami bersyukur punya rezeki dalam bentyuk lain. rezeki waktu luang, rezeki jalan-jalan gratis dan yang seru rezeki dapet vocer ina itu yang bisa nyenengin keluarga.

Jangan lupa hari raya atau tahun baru rezeki juga melimpah bisa parsel, kue atau hadiah lainnya.

Kita juga kolektor tas kain loh, aman buat diet kantong plastik, kolektor pulpen, buku note, kaos yang bisa kita bagi-bagi kepada yang membutuhkan atau orang2 terdekat. Kamu mau???

Atau kami juga punya banyak flashdisk berbagai bentuj dan power bank. Bisa kita jualin lagi, rezeki kan? Atau bisa aja kita kasih ke kamu.. mau???

Hmm.. tapiii.. di beberapa media, wartawan di gaji gede kok.

13. Wartawan bener ya, suka yang gratisan??

hari gini siapa yang gak mau gratisan? naik pesawat, makan di restoran sampe masuk taman bermain, nonton bioskop juga biasa gratis.

Jadikalo bisa gratis kenapa ga dong? Pake ID pers ya bisa juga kadang gak juga karena kami sudah kenal sama yang punya. LOL!

Jadiiiii... masih ada pertanyaan buat wartawan ???


Cheers..

Salam,
Wartawan Emak2 Doyan Curhat


UmiNa





3 komentar: