Kamis, 03 Maret 2016

Gw Si Picky



Tadi nya mau kasih judul si Picky Mustahiq.. mustahiq ato orang-orang yang berhak menerima zakat atau sedekah kita. *koreksi ya klo gw salah*

Banyak diantara kita yg sedekah gak pandang bulu. semua yang terlihat 'kasian' langsung diberi. Sampe anak-anak.

 Salah? gak juga.. siapa yg bilang salah? alasannya??

Tapi ada juga yang kalo mau sedekah juga liat dulu siapa, bahkan gak jarang ada orang yg gak mau kasih pengemis di lampu merah atau pengemis anak. Alasannya gak mau anak-anak diajarkan meminta-minta..

Salah ga? Gak juga.. hak setiap org.. mungkin org2 kayak gini lebih percaya harta lebihnya disedekahin ke lembaga2 amil yg dipercaya. Udah banyak banget kan sekarang seperti BAZ, ACT, dsb ato langsung ke panti asuhan atau yayasan.
gw punya cerita soal ini...




its ok.. if u judge me after read this story

 yak.. abiss.. ya gt deh..
jadi.. ceritanya deket kantor gw tepatnya setelah stasiun gondangdia yg ke arah gedung MNC ya… (turun tangga belok kanan y *lahh ngapa dijelasin..)  ada satu keluarga jadi gelandangan.

 bapak ibu dan anaknya yang masih kecil bgt.
mungkin usianya 2-3 tahun, hampir deket2 umur Z deh.
gw udah lama tertarik banget sama mereka cuma liatin sembari jalan menuju kantor..

maklum, ibu baru brasa liat anak sendiri klo liat anak kecil lainnya. tu anak lari2an kucel, gak pake sendal pokoknya riang khas anak2 deh.

(trust me.. ketika lo udh punya anak.. semua anak kecil lucu. mau dia kayak gimana jg gemess..)

sampe suatu hari tepatnya bulan Ramadhan bbrapa hari sebelum idul fitri .. gw akhirnya memberanikan diri untuk menyapa mereka. dimulai dari basa basi nanya mengenai anaknya.

gw : belom bobo ya jam segini masih main?
ibu: blm bu..
gw: dingin  kasian.. emang biasa tidur dimana?
ibu: disini (depan warteg ), atau di pasar gondangdia tapi kadang gak boleh suka diusir.
gw: (semakin terhenyuh..) emang orang mana gak pulang aja?

suaminya nimbrung..

bapak (bpk): gak punya uang bu.. saya orang …. (gw lupa di sebutin daerah di jawa gt)
gw: loh bapak gak kerja aja?
bpk: susah cari kerja di jakarta gimana mau pulang gak punya uang.

deg …. ada sesuatu yang mengganjal nanti gw ceritain
. mari lanjutkan cerita..

gw: anaknya umur berapa? saya juga baru punya anak seumuran gini. kasian angin malam bu… minum susu ga?
ibu: 2 tahun. minum susu bu..
gw: pokoknya kasih susu ya bu biar sehat. susu kotak aja gpp.
ibu: iya bu.. ibu kalo punya baju yang sudah gak kepake minta ya bu.
gw: iya kalau ada ya, anak saya soalnya lebih kecil dari dia.
percakapan selesai.. dan gw memberikan sedikit rezeki  pd mereka.
biasa.. syeitan tuh suka menyelinap dibalik niat baik kita. ada aja ya bkin ga ikhlas.. huhhh.

tentang sesuatu yang ganjel bgt yang tadi gw sempat singgung di atas. apa cobaa????  simpel sih.. tapi kenapa ya langsung agak  ga ikhlas gitu..
kenapa cobaa.. ???
jeng.. jeng...

KARENA  ..

si bapak itu tadi ngobrol sm gw sambil NGEROKOK !! whats??!! iya iya bener..

bilang gak punya uang tp ngisep batang rokok terus dihembusin deket anaknya .. ahhh.. sebel
sebel dobel.. dobel sebel *lebay

pas percakapan tadi juga dalam hati bilang dari pada beli rokok mending makan or beli susu.
segala niat baik gw selama ini liat mereka berasaa terhempas gitu aja.

gw merasa mereka ga berhak ditolong.. satu sisi gw juga sebel sm diri gw sendiri kenapa berpikiran kayak gini.


kalau di adegan Film, gw langsung ada 3.. yg 2 pake baju devil dan angel .. gitulah..
iyahh.. gw picky banget buat sedekah..

huh dasarr Umi Nara udah tau gaji pas UMR jakarta aja blaguu bgt!!! iyee iyee… *ngomong sendiri*

dasarrr gimana Alloh mau kasih rejeki lebih, pindah kerja ke tempat yg gajinya jauh di atas UMR.. sedekah aja milih.. mau dia ngerokok kek mau gmn juga mereka berhak dpt sedikit dr rejeki lo!!! arghtttt.. iyaaakkkkk!!!!

beneran loh .. jiwa gw malah berantem sendiri.. karena awalnya gw punya rencana mau foto mereka trus di aplod di FB biar banyak yg peduli sm  mereka.. hehe kan lg tren tuh bantu via sosmed.. gw juga udh punya rencana mau bantu kumpulin baju-baju dedek bayi buat anaknya.
sirna sudah !!

bahkan kejamnya … gw gak mau nengok ke arah mereka lagii.. daann mereka pernah loh manggil2 gw gitu dan gw sok sok ga denger. (ya Alloh maafiinn hamba!!)
tapi hati gw juga galau…

                                                                              ***

sampee suatu harii ada kjadian seperti menjawab semua pertanyaan dalam diri *tsaahh…

BEGINI ...
di suatu sore, abis liputan gak kebagian makan dan harus balik kantor.*pukpuk UmiNa*  Laperr banget, akhirnya gw makan di warteg dekat kantor.

Melihat mereka, keluarga gelandangan itu, pas makan hati gw teriris lagii.. mau bantu mereka lagii… okee..

*ngomong dalam hati* : kasih mereka makan aja deh.. bungkusin nasi sama lauk pauk kali ya.

selesai makan pas lagi bayar, gw bilang mau mesen lagi.. karena keliatan gw bingung mau pilih menu apa .. si mbaknya nanya kenapa bingung…

gw: hmmm apa ya mba.. punya ide gak mau kasih mereka yg di depan. ibu2 bapak2 sm anak kecil??
dan tanpa terduga si mbak warteg bilang..

mba2: mereka ga akan mau nerima makanan. pelanggan saya aja bnyak yang suka mau kasih eh malah kecewa karena ditolak trus dibuang makanannya.
gw: hahh *shocked*

mba2: iyaa.. si bapaknya maunya uang aja gak mau makanan. sama kita2 disini juga udah ditawarin kerja tapi dia nolak malah galakan dia.. suka marah2.

gw: oh ya?! *masih sambil melongooo*

mba2: terserah mbak sih tetep mau kasih apa gak. tp kalo yg sudah2 gitu.
gw : yaudah mba gak jadi.. makasih yaa..

dan gw pun keluar, melihat ke arah mereka sebentar dan jalan menuju kantor sambilll… merenuungg..

hmm.. nah kann… firasat gw mengenai orang ini bener.. mereka gak bener2 susah.. masi bisa memperbaiki hidup dengan gak tinggal dijalanan.
bener-bener di jalan bukan kayak manusia gerobak yg anaknya ditidurin dalam gerobak.
Memang jauh dari kata layak tapi seengaknya anak kecil gak tidur di jalan aspal!!! trus bapaknya disebelahnya sambil ngerokok sambil berharap belas kasihan orang-orang yg lewat.

Ya Alloh..
mungkin kita bisa kasih pelajaran ke mereka untuk mau berjuang dan kasih hidup yang layak buat anak istri.

Kasian atuhh.. istri anak ikut ngeGembel sama dia. Istrinya juga pasrah dan ikut aja sepertinya. Anaknya? Yahh jangan ditanya,, anak sekecil itu ya seneng maen di jalan.

Terakhir gw liat anaknya, lagi maen di atas kardus di pinggir jalan sambil tidur2an. Yaa.. Gustiii...

Dan pelajaran buat kita juga untuk bersedekah tidak asal. Mungkin masih banyak yang lebih benar-benar membutuhkan dari mereka, atau seengaknya kita mengapresiasi perjuangan mereka.

Contohnya gak jauh juga masih di sekitar Gondangdia. Gw perhatiin ada 2 orang yang juga sama kasiannya tapi mereka masih berjuang buat hidup dengan jualan.

Pertama, Klo ke stasiun Gondangdia masih ke arah kanan ke Arah MNC. Di ujung pagar stasiun ada kakek2 yang sepertinya terganggu penglihatannya, bukan penyandang tuna netra. beliau masi bisa melihat sedikit sepertinya.
Dengan kondisi tersebut, beliau masih jualan donat.
dan ternyata bapak ini juga bener oeang yang menginspirasi karena pernah masuk acara Catatan Hati Dewi Sandra di Trans TV. Gw gak nonton tayangannya tapi liat cuplikannya.

Bapak ini mulai jualan siang sampai malam, kalau yang mau beli ya ambil sendiri donat dan gula bubuknya. Satu donatnya Rp 2 rb.

Buat kita yang punya rezeki lebih mungkin  bisa mengapresiasi perjuangn hidup, paling tidak dengan dia gak minta2. kita bisa membeli donat dalam jumlah banyak biar donatnya cepet laku. Selain dapat pendapatan tentunya bapak ini bisa pulabg lebih cepat kan?!. Karena beliau pergi pulang menggunakan KRL.

Donat bisa kita makan atau bagi2 ke temen kantor kan?! Berbagi rezeki namun dibalik itu juga ada nilai berbagi dengan si bapak.

Orang kedua, masi sekitar situ juga. Persis di depan bapak yang jualan donat itu. Maklum deh, hidup gw sekarang cuma antara bogor-gondangdia aja huhu..

Ada sosok ibu-ibu anaknya banyak dan masih kecil. Kayaknya ada 3 anak yang asik main disekitar situ. ada yang duduk d sebelahnya, dengan pakaian kucel ibu itu jualan tisu paseo seharga Rp 3 rb.

Entah ambil untung berapa si ibu itu, yang jelas mungkin modal jualannya hanya mampu beli tisu yang dijual kembali. Ga ada salahnya kita bisa beli tisu itu dengan harga Rp 5000 kan?!

dibalik pembelian itu kita juga berbagi buat si ibu, sekaligus angkat dua jempol untuk usahanya mencari uang dengan jualan.


Seni memberi balik lagi kepada keikhlasan hati kita. Ke -picky-an gw ini juga entah benar atau salah. Karena bagi gw memberi sejatinya juga mengajarkan ke diri gw untuk bersyukur dan belajar dari mereka :)




Happy Friday

UmiNa-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar