Minggu, 03 Maret 2019

NHW #5 : Belajar Bagaimana Caranya Belajar

Assalamualaikum.. 

Nhw #5 yuhhuu..  Tugas yang dikumpulkan mepet karena perlu dipikirkan matang matang nih..  


kali ini mau belajar bagaimana caranya belajar. Nah loh..  

Jadii,  para siswa2 IIP beserta anak2 diminta untuk untuk belajar:
1. Belajar hal yang beda
2. Cara belajar yang beda
3. Semangat belajar yang beda

Yuk mari dibedah..


Apa saja yang perlu dipelajari?  
Yaaaaa... Belajar apa saja yang : 
💙 Menguatkan iman 
(iman penting pastinya bagi kehidupan manusia.  )
🔜 yang saya lakukan kepada Z adalah mengenalkan Alloh SWT,  apa yang harus dilakukan untuk mengikuti perintah Alloh SWT dan meminta kepada Alloh SWT. 

- Mengenalkan bahwa Tuhan yang menciptakan dirinya,  umi,  ayah semua orang,  gunung,  isi dunia dan apa saja yang dia lihat yaitu Alloh SWT.  
Yang saya takjub entah dia mendengar dari mana tapi Z sempat bilang Alloh itu ada di  hati kita.  Padahal Z belum sempat nanya ke saya.  Insyaa Alloh kalau bertanya alan lebih dijelaskan lagi. 
Sebab karakter Z itu,  dia akan mengingat sesuatu berdasarkan hal yang dia memang tanya.  Hehe... 

- Apa yang harus dilakukan seperti sholat dan mengaji.  Sholat soalnya disuruh Alloh begitu juga belajar mengaji.  Pelan pelan banget untuk mengajarkan ini agar dia tidak terpaksa melakukannya. 


- Meminta sesuatu kepada Alloh, jadii saya sekarang kalau dia minta apapun.  Saya suruh saja Z berdoa..  Tau ga dia suka minta apa?  Terakhir itu dia ngotot minta nginep di hotel ...

Whatt??!!  Kenapa ya anak sekarang itu semakin unik permintaannya.. Ya saya bilang saja berdoa sama Alloh supaya Umi dan ayah ada rezekii untuk nginep di hotel.

Dengan lucunya Z bilang, 
" Ya Alloh,  semoga nanti Zidan bisa naik bis lagi biar nginep di hotel.."

Hahaha .. Jadi bagi dia berdasarkan pengalaman outing kantor ayahnya kalau udah naik bis pasti nginep di hotel.  Hahaha lucu sekali pemikiran anak2.


#Cara belajar berbeda:
Maklum karena belum sekolah,  saya masih jadi guru pertamanha.  Dan ga bakat jadi guru jadi saya butuh media. Alhamdulillah ada video edukatif islami seperti Nussa Rara.  Rutin memberikan video tersebut lumayan bkin Z belajar seperti kalau mau makan,  apa itu ikhlas dan jangan marah. 

#semangat yang berbeda

Semangat yang saya tunjukan saat membersamai dia menonton video edukatif itu. Sayanjuga harus terusbinget kalo Z minta apa2 ya..  Z minta ke Alloh saja..  Karena apalah daya upaya umi hehehe..  



💙 Menumbuhkan karakter yang baik

Karakter yang baik dari Z sudah terlihat..  Dia anak yang periang,  supel,  penyayang..  Maka saya akan terus memantapkan karakternya lebih baik lagi.  Periang akan membuatnya disukai teman temannya bahkan kalau bisa menjadi sumber kebahagiaan orang lain.  
Supel membuatnya menjadi anak yang banyak teman,  disenangi siapapun dan memudahkannya di kehidupan nanti. 
Penyanyang...  Semoga dia bisa seneng bantu orang lain dan tidak pernah menyakiti orang dari perkataan maupun perbuatan.  Aamiin.. 

Potensi kebaikan ini membuat saya terus bangga sama Z..  Heheh namanya anak sendiri  ya..  #tutupmuka



#Cara Belajar berbeda
Betul banget kalau anak anak itu pandai mencontoh.  Jadi yang pertama harus saya lakukan adalah memberi contoh ke dia.  Saya harus jadi orang yang menyenangkan, selalu ceria, menyapa orang terlebih dahulu,  selalu berkata baik ke orang,  senang bantu orang..  Pokoknyaa contoh yang baikkk kepada Z..  Semogaa karakter baik yaNg Z miliki dapat terus berkembang.


# Semangat

Tentunya semangat saya untuk memberi contoh jadi klo mau jutek2 kudu mikir lagi nanti Z jadi anak yang bermuka masam.


💙 Menemukan Passion

Nah untuk ini saya masih menerka nerka..  Karena jujur saya kurang memberikan stimulus ke Z..  Hikzzz

Perkiraan saya passion Z itu ke alat alat elektronik. Dia senang untuk melihat alat elektronik bahkan pernah bilang ingi membetulkan AC dan mesin cuci yang rusak.

Ketertarikan berlebih terhadap masak memasak, karena suka lihat saya masak kali yaaa...  

Entahlahh... 

# cara belajar
Saya harus terus menggali passion Z dia sukanya apa.  Saya harus peka ini mah ya..

Saya juga ingin mengenalkan dia dengan olahraga, biar sehat dan jadi atlet.  Obsesi terpendam sih sebenarnya.  Sepertinya saya harus punya cara khusus untuk mengenalkan olagraga Sedari kecil

#semangat
Ketika sudah tau passion yang Z punya saya harus mendukung dia.  Sebenernya saya pengen bgt Z jadi atlet.  Alhamdulillah kalau dia mau klo gak saya gak boleh maksa.  

Sekian.. 

Semangat belajar ya UmiNa 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar