Rabu, 03 Februari 2016

KUNTUM FARM FIELD : Senangnya Bersahabat dengan Hewan






Hari Minggu (31/1) kemarin, alhamdulillah bisa ngajak Z ke tempat yang dia  happy bgt. Gimana gak, dia deket bgt sm hewan2 lucu yg biasanya cuma dia liat di TV ato gambar.
Tambah girang soalnya Z bisa kasih makan sampe ngasih minum susu di dot. Pulang pulang dia bilang : embe cucu.. hahahahaa...

Nama tempat wisata nya Kuntum farm field di kawasan Tajur, Bogor. Kalo googling juga udah banyak bgt yang review tempat ini dan semua bilang memuaskan.
Gw juga taunya dari cerita2 di blogger dan liat tayangan di TV jadi emang udah mupeng bgt harus ksini.
Baru aja beberapa langkah belum pemeriksan tiket kita udah disambut ikan lele dan ikan patin yang gede bgt plus heboh klo dikasih makan. Dari situ aja Z udh girang betah liat ikan. Gak mau masuk hehe...




Ini ayahnya ya yang seneng keknyaa.. :))

ituu apaaa????






Begitu masuk farm nya, giliran ayahnya yang terperangah karena sejuk abisss... pas sih kita ke sana dengan cuaca Bogor yg adem jadi udaranya fresh banget ditambah view nya oke. Biar dikata orang Bogor tetep aja kagum suasana alam gini.. 

ayahnya Z : Nah ini Mi .. maksud ayah.. pas banget.
Gw : iyalah siapa duluuu.. umiii... *sok bgt*

iyalah gue kalo udah akhir bulan, rempong cari  destinasi wisata yang pas buat Z . Buat pas awal bulan pergi .. maklum jatah jalan2 dan hura2 cuma sebulan sekali. Wiken di minggu2 lain buat bobo aja d rumah hihii.. pokoknya yg bikin Z happy sekaligus bisa buat blajar. 

Begitu masuk pengunjung langsung dihadapkan dengan kandang kambing. Eitz tapi sebelum itu kita pakai caping dulu, ditempat itu juga ada beberapa sayuran organik yang bisa dibeli.
Kandang kambingnya ala2 kandang hewan kurban lah yang palanya kambing doang yg keluar. setelah itu kita masuk dulu ke area yang terbuat dari kayu buat beli makanan hewan2 yang akan kita temui nanti. Keasikan milih2 sampe ga ke foto hikz kelupaan bgt.

Satu jenis makanan harga nya Rp 5000. Di dalam bakul ada wortel yang di iris tebal, daun dan rumput buat makan kelinci, kambing.  Ada juga daun panjang buat sapi, jagung-jagung kering buat unggas, pakan kelinci dan marmut.


Dan ga ketinggalan susu buat kambing di botol dot yang mirip Z hehe.. iyalah wong dot kebanggaan ibuk2 botol cucu pigeon yg banyak d jual di swalayan.

Mahal? Iyalah.. namanya juga tempat wisata, justru dia ambil untungnya disitu.. yeekann??!! padahal gw pagi2 udh belanja wortel seperempat cuma Rp 2500 tapi ayahnya Z bilang gausah dibawa. Pdhl kan lumayan ya bu ibu.. hemat buat si kelinci nanti hehehe...

Ayahnya Z komen : "Ini sih namanya kita yang kasih makan bukan mereka"
Gw: " ih komen aja deh kayak emak2 arisan. Mereka kan sediain twmpat segede gini jg ga murah, biaya perawatan dll.. wajar lah..
Ayahnya Z: iya sih tp emang seru.
Gw: yee kaann.. yaudah lets enjoy!!


Setelah selese beli bahan makanan..  langsung deh kasih susu ke kambing. Awalnya Z takut dan aneh.. dia bingung kali ya botol susu dia kenapa ada sini pdhl uminya ga pernah bw botol susu hehe... udah gitu botolnya dikasih ke embek.


Mula2nya ayahnya dulu yg ajarin kasih susu, dan gak lupa jg doi minta difoto. *kali ini suamikuu narsis sekalee* #hufftt
Akhirnya Z coba kasih susu dan hoalaaa.. dia gak takutt malah ketawa2.
Cukup lama wlo cuma sebotol susu 240ml karena byk narsisnya. Gantian foto lah.. selfie2 duluu.. untung embek nya ga protes. LOL!


Ayahnya ngajarin sambil narisssss...;)))

Hore bisa !! dan beraniii !!!!



udah puas kasih minum susu, kami jalan lagi dan bertemu domba dan kambing lagi, ini lebih gendut jadi Z skrg kasih makan daun daun. Puasss bgt kadang z pegang kepala kambingnga sesekali juga tangannya dikecap kambing bikin dia teriak kaget.


suapin embe



Di kandang ini dia bareng anak usia 2,5 tahun. Anak china gt lucu bgt, si koko kecil ini juga excited bikin Z ikut2 kelakuan itu anak. Positifnya di tempat ini lagi Z ketemu temen yg usianya hampir sama dan dia bisa bersosialisasi.
Dari sini ketauan deh Z anak yang supel, ga jarang dia ngajak ngobrol temennya. Temennya yg ga ngerti apa diomongin juga bales dengan cuap2 yang ga dimengerti juga hehe..



Abis itu ke kandang sapi, kita kasih makan rumput-rumput panjang. untuk disini gw saranin buat anak balita terutama yg badanya mungil kayak Z harus di pegangin tangkai daunnya. Jangan sendiri kasih daunnya karena si Sapi yg badannya emang gede bgt ini juga punya kekuatan yang zuper, kadi si sapi suka maen tarik aja.





Alhasil anak kecil piyik gini bakal ketarik, beberapa kali Z kayak gt. Hahaha.. kasian sampe jatoh ke depan deket mulutnya si sapi. Pernah juga jatoh duduk. Kasiannn.. ahh tapi Z gak nangis dia mah seru2 aja.



Masuk lagi ke ruangan kayu tempat beli makanan tadi. Di sebelahnya ada tempat kelinci dan marmut. beberapa kelinci itu dilepas gitu aja, awas lah keinjek sama anak2 kita bahkan kita juga. Karena banyak banget trus gendut2 banget.. lucuukk...




Kalo marmut dikurung  tapi tetep bisa kok dikasih maka sm kita. Buat kelinci dan marmut kasih makan paletnya melalui centong sayur gitu. Udah disedian lah pas kita beli di tempat awal. Jadi kita tinggal pegang pegangan centongnya itu aja yg panjang.



 






Lanjutt.. lagii.. liat bebek, beberapa jenis burung. Untuk hewan ini sih emang cuma bisa liat dr jauh.  dannn.... ikan di kolam kecil. Dengan anak2 yang nyemplung buat ambil ikan. Udah disediain keranjang kecil dan ikan yg sengaja di lepas gitu aja.
Ikannya udh pd puyeng ini mah pd lelahh.. karena gampang bgt keambil.




Z yang belom pernah ke kolam segede ini, belum pernah berenang juga jadi teriak-teriak sendiri karena mau masuk kayak anak-anak lain. Bener-bener deh.. nyesel juga ambil jalan sini yang lewatin empang ala-ala ini. Karena sebenernya masih ada lagi kandang ayam dan unggas yang belom dikunjungi, makanannyanya aja masih utuh berupa jagung kering gitu.


Z akhirnya nyebur, kayaknya sih dari anak-anak yang lain, Z yang paling kecil sendiri deh. Kalo bapaknya sih ortu yang paling gede heheh... orang-orang ngeliatin juga anak bayi dibiarin gitu aja nyemplung ubek-ubek air cari ikan.. sotaauu banget


 
Horeh!!! dapat ikaannn!!!
Bersahabat dengan hewannya ditutup dengan basah-basahan sama ikan. Ke kandang ayam gak sempat karena udah biasa kali ya, tetangga juga punya ayam, sering juga Z kasih makan ayam kalo dia lagi lewat.


Dan lahan Kuntum Farm Field ini emang luas banget. Masi ada ke bawah lagi ada banyak tanaman-tanaman dan yang pas buat selfie. Berhubung Z udah basah.. Jadiii.. yasuuww lah.

Bersih-bersih... dann pulanggg..

Yeah!!! Wiken kali ini seruu pisaann... tempat rekomen banget buat kumpul keluarga juga, karena ada banyak gazebo yang bisa disewa.

Jadi setelah pernah ke Ragunan yang lumayan panas dan melelahkan ituuu.. liat binatang yang jaraknya jauh jauh jugaa.. ke Kuntum ini lumayan bisa jadi pembanding buat liat hewan dengan cara berbeda. Iyaa bedaa soalnya dekeett bgt malah bisa sobatan lah.. *lebay..

Sampai ketemu di jalan-jalan sama Z berikutnya...

Bye .... cheerssss :)



FYI :

LOKASI :
Jln. Raya Tajur No. 291.
Adanya disebelah kiri kalau dari bogor, abis Lippo Mall Bogor (dulu mall Ekalokasari Plaza) masi lurus.
Kalo yang suka kondangan ke gedung Biotrop masi lurus lagi. Plangnya lumayan besar sebelah kiri.

BUDGET
Tiket masuk : Rp 30.000,-  anak dibawah 2 tahun gratis.
Makanan hewan : Rp 5.000,- per jenis

Makanan dan Minuman di dalam Farm : Mulai Rp 5.000,-  -  Rp 20.000  minuman dan cemilan anak-anak ya .. harga khas tempat wisata lah.. gw dan keluarga maka siang di luar biar hemat.  Walau di pintu masuk ada restoran sih.. hehe..

Belanja :
Gak ada oleh-olehnya cuma di pintu masuk emang dijual sayuran organik, susu sapi asli yang baru diperah karena ada tanggalnya gitu. Ada juga rempah-rempah khas Indonesia, sepertinya emang asli yang ditanam di lahan mereka.

Hm.. ada juga barang kerajinan dari kayu atau rotan gitu buat pajangan di rumah. Tapi kayaknya emang pengunjung gak fokus ke situ buat belanja.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar