Kamis, 11 Februari 2016

Bagaimana Caramu Bersyukur ?


Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
 (QS. Ibrahim :7)

Wah.. postingan serius nih, lead-nya (berita kalee) eh paragraf awal aja udah pake ayat Al-Qur'an ..
Gak kok bukan tausyah, cuma mau share dan nanya gimana sih cara kalian mensyukuri hidup ini.
Hidup emang klo ga disyukuri rasanya kuraaaangg melulu.. liat si itu punya mobil pengen, padahal kita ga butuh. rumah juga gak ada garasinya, simpen dimane tuh mobil?? Hehe...
nengok sosmed temen isinya foto2 travelling mulu, eh kite jdi ngeluhh bete karena ga bisa jalan2. istilah kerennya skrg #kurangpiknik

ngeluh kurang ina itu jadi awal dari ke-tidak-syukur-an kita sebagai manusia. Selalu kurang. Sampe kapan? Sampe semua terpenuhi? Klo udah terpenuhi yakin deh masih banyak segudang keinginan yg harus terpenuhi lagi.. padahal coba bersyukur aja sama apa yang sudah kita punya.
Istilahnya, jangan suka liat rumput tetangga deh. Karena pasti lebih hijau. Padahal belom tentu hijau beneran bisa jadi pake sepuhan #apaansik..



 



Suatu hari pernah gw lagi belanja di sebuah warung, bukan hanya belanja tapi gw rada mengamati si teteh warung sebut aja si C.
 Dia anak juragan warung kelontongan di blok sebelah, langganannya mertua gue. Istrinya alias ibunya C jualan sayur. intinya ini keluarga pedagang di kompleks rumah gw.

Denger cerita dr mertua gw, setelah C nikah dia dikasih warung sama bapaknya buat diurusin sm suaminya. Jadi C sama suaminya sekarang kembangin warung itu berdua.


Pulang belanja, gw mikir .. enak ya si C itu. udh nikah ga ribed mikirin antara jd ibu rmh tangga ato ibu pekerja , iyalah dikasih warung sm bapaknya


Ya tinggal pinter2 dia lah supaya warungnya tetep stabil. Suaminya jg ga perlu cape2 kerja. kerja juga sih cuma ya berdua, kerja sama selalu di warung yang lumayan komplit itu.
sambil jalan bw kantong kresek belanjaan sambil ngayal teruss.. *ampun ye gw*

keinget deh dengan salah seorang temen yg orangtuanya juga juragan warung kelontong. Ah dia enak juga pastii. Pikir gue.

klo gw jadi dia, gw kawin teruss Gw minta dimodalin warung pas udah punya anak bisa sambil ngasuh anak karena cuma jagain warung. ya setelah kerjan rumah beres. Enak kan jaga warung, bahkan gw waktu kecil doyan maen warung2an.. pikir gw dalam hati.
*setan lewat.. mulai deh gak bersyukur*


Iyak. gak kayak gw sekarang, wlo bukan office hour tp ttp aja berat ninggalin Z buat ke kantor. Apalagi klo harus liputan cape di jalan, cape ktm org wawancara org. Nulis berita di kereta pas pulang. Belom lagi klo naskah berita blm masuk pasti langsung di-Whats App. Belom lagi jepretran gw yg selalu jelek gak pas, maklum ga ada SLR bikin caption juga bingung. Aaakkk... enakkk jadi si C  dan temen gw itu.


Sampe di rumah, segala pikiran gw dan daya hayal gw diperjalanan antara warung- rumah, gw sampein ke temen gw langsung via BBM.
*gw emang anaknye gitu harus ditanya langsung wkwkwk*

Gw: Gw mau jadi lo.
Dia: hah.. kenapa
Gw: ya enak ortu punya warung, lo tinggal minta dibikinin warung aja. Lo nikah punya anak gak perlu kerja lagi. Jaga warung sambil ngasuh anak. Enak bgt.
Dia: gw yang mau jd lo.
Gw: dih..
Dia: gw mau punya Zidan. Gw mau tetep jadi wartawan. Jadi ibu tapi bisa tetep nulis, ktm org banyak.
Gw : ... *terdiam
Dia: emang lo kira jaga warung enak?! Kalo lagi rame pusing. Pembeli adalah raja jadi suka seenaknya. Hrus teliti juga.
Gw: emang gak enak kan uangnya banyak
Dia: untungnya ga banyak, tau teh gelas, untungnya cuma 100 perak per gelas, ( atau berapa gt gw lupa) harus beli banyak dus biar untungnya keliatan.
Gw: oh gt.. tapi gw mau jadi lo. Gw mau jaga warung dari orang tua. Tinggal kembangin warungnya aja.
Dia: gw mau jadi lo. Gw mau jadi wartawan lagii.. tapi apa daya ortu suruh gw sini jaga warung.
....
yah.. percakapan yang bikin geleng-geleng kepala ya..  dasar manusia pengen jadi orang lain, padahal orang lain aja mau jadi kita. Jadi emang ga ada yang bersyukur!!!! Hufftt..

Ah.. iya.. klo mau jujur2an gw salah satunya manusia yang Kurang bersyukur. Hehe piss lah.. namanya juga manusia byk khilafnya.. *kesian si Khilaf disalahin ma gw haha*

Jadi satpam penyakit hati ini ya siapa lagi klo bukan my hubby #sokkeren alias ayahnya Z. Doi selalu bilang, bersyukur.. bersyukur .. dan Yang gue lakukan : ..
Masuk kuping kanan keluar kuping kiri heheh.. #plakk.. 
namanya juga aku cuma manusia biasa, istri rempong, emak muda rempong yang byk maunya jadii.. maafkan ke khilaf an eike.. *khilaf lagi disalahin*


Nah.. cuami aku #sokimutbanget, suatu  saat bilang : kudu banyakin nonton yang ginian biar kita bersyukur. *Sambil nunjuk ke arah tv*.

 Yang dimaksud ginian itu.. program tv tepatnya program feature human interest *anak jurnalistik bgt bahasa gueh* .

. Yang ceritain kehidupan masyarakat kurang mampu untuk terus berjuang.
Contoh judul programnya, kalo dulu kayak: Jika Aku Menjadi, Orang Pinggiran dsb. 

Ayahnya Z : Tuh mi.. kalo nonton acara ginian jangan kehidupan si Raffi terus. Klo nonton kayak gini kita jd bersyukur.
gw: ihh ga suka juga si raffi.. ah ini si ruben.. di dunia nyata dia foya foya juga..
Ayahnya Z: iya juga sih.. tapi liat orangnya aja jangan hostnya..
gw: hahaha.. iya iya..

Kebetulan acara yang minggu lalu persis kami tonton acaranya si ruben Onsu di Trans TV yg jalan2 sm manajernya itu apa sih judulnya.. oh ituu.. Survivor Lets get Lost.. haha mpe apall..
Episode itu kebetulan si ruben sm bibi manajernya lagi jalan2 trus ketemu bapak2 hampir buta yang jd tukang pijat an rawat istrinya yg sakit2an. Terlepas dari host nya yg demen foya2 d kehidupan real dia tapi emang mengharukan sih hidup si bapak yang jadi narsum ini.

program tv yang beginian dijadiin  cara bersyukur suami gue. Klo lagi nonton berdua sm dia disaat Z lagi bobo ya pastinya atau Z lagi gak sama kita emang demen nya nonton yang humanis2 macem gitu.
Hmmm klo gw.. bersyukurnya dengan cara apa ya? Hmmmmm....

Liat sekeliling sih.. dan suka ditunjukin sendiri sama Alloh hal-hal yang bkin gw mikir. GW HARUS BERSYUKUR.


Misal :
 Alloh kasih 2 sahabat yang udah jadi anak yatim piatu disaat gw ngerasa jadi anak broken home.

satu lagi, Saat Z sakit, saat gw ngerasa down, gagal merawat anak yang belum setahun itu udh kena campak gak lama diare. Sampe akhirnya dirawat dirumah sakit. Ditambah gw merasa orang-orang sekeliling yang ga support gw malah cenderung menyalahkan *padahal lagi sensi aja gue*.

gw jdi baby blues kedua lagi .. sebel bawaannya.. bahkan kecewa sama Z. Se rapuh itukah dia sampe cepet bgt sakitnya. *yaiyalah masih bayi.. emang lagi dong dong bgt ye gw*

Lagi down kayak gitu, kebetulan gw iseng buka Facebook, nemu senior gw dengan foto anak yang baru dia lahirin dan terpasang selang di hidungnya. Ternyata anak cantik itu belum boleh pulang dan harus ada di ruang perawatan intensif di rumah sakit Harapan Kita. Jujur, saat itu gw nangis langsung seketika kirim pesan FB ke dia.

*tuhkan gw anaknya emang langsung bgt ditanya.. jiwa wartawan apa kepo*

ternyata anaknya ada kelainan di usus atau usus bocor gt, yang sudah diketahui sejak masih hamil 7 bulan. senior gw ini terus mempertahankan hingga dia bener2 bisa ngeliat wajah cantik anaknya tapi sayang belum bisa tidur bareng karena baby nya harus dirawat.

Dan tidur bareng ini jadi impian simpel dia. Iyalah siapa sih ibu baru yg gak pengen bobo diamping bayi yg baru keluar dr rahimnya.

Dia dan suami tabah, saling menguatkan.  saat percakapan di pesen FB itu, malah cenderung gw yang sedih banget sampe beberapa hari kemudian Anaknya  meninggal..
 gw nangis sejadi jadinya.. padahal gw blm liat langsung anak itu, senior gw itu jg sm gw gak trlalu dekat, namun saat itu gw ngerasa Alloh ingin mengajarkan sesuatu sama gw.
Melalui mereka, gw seperti diajarkan untuk bersyukur dengan keadaan anak gw. Dengan apapun yang terjadi sm Z hadapi gausah lebay dengan Galau bahkan baby blues jilid kesekian yang bawaannya malah jd benci anak sendiri.


gak punya maksud apa2 untuk bandingin kisah sedih org lain dengan diri gw sendiri. Justru mereka-mereka bagi gw seperti malaikat yang mengajarkan kehidupan.  Dan dipertemukan Alloh ke gw untuk sesikit merubah pikiran gw. Kasih pelajaran lah gituu..


dua sahabat gw yang mengajarkan gw untuk selalu bersyukur masih punya orangtua bagaimana pun mereka. Senior gw dan anaknya mengajarkan gw untuk bersyukur memiliki Z apa adanya. Sebab dia malah ga smpat tidur bareng. Ya jangankan itu,, melihat dan memeluk saja sudah pasti gak bisa.

Kalo kamuu..??
 Bagaimana caramu bersyukur?

1 komentar: