Sabtu, 09 Februari 2019

My NHW #2 Menjadi Ibu Profesional Kebanggan Keluarga

Horehhh... Sudah ada tugas kedua dari Institut Ibu Profesional.
Ini dikerjaan hari Sabtu kelar deadline memaksakan otak untuk kembali merangkai kata.  Tenang tenang gak pake bahasa jurnalistik juga lah ini mah pure curcol. 

Nice Home Work (NHW)  kedua ini tentang checklist indikator profesionalisme perempuan sebagai seorang ibu, seorang istri dan perempuan seutuhnya. 

Berat kah? 

Masih berat badan gw udahh..  Haha.. 


Lalu bagaimana tau indikatornya,  menerka sendiri?? Tentu tidakkk nanti kita sudah merasa sempurna banget lah.  Jadi kudu nanya ke narasumber terpercaya yang akurat dan merasakan peran kita. Siapa lagi kalau bukan suami dan anak.

Saya kudu nanya ke mereka apa ya g membuat mereka bahagia dengan kehadiran saya.  Ciee..  

Jangan lupa indikator tersebut disajikan dalam bentuk SMART. Spesifik (unik atau detail), Measurable (terukur), Achievable (bisa diraih), Realistic (berhubungan dengan kondisi sehari-hari)  dan Timebone (berikan batas waktu) 





#indikator sebagai Individu
Saya merasa bahagia kalau gak ada yang dipikirin terutama kerjaan kantor. 

Spesific :  Adem rasanya bisa tenang ngadepin Z, bisa selalu senyum depan suami. Bisa membersamai Z main tanpa saya banyak mikiran dan tangan gak pegang hp itu udah seneng banget. 


Measurable:
Dalam seminggu sebenarnya beberapa hari saya bisa tenang. Kalau gak ada kerjaan kantor.  aihh pastinya..  Otak sudah terkuras abis-abisan untuk kerja. Hari Minggu-Selasa adalah waktu tenang. 

Achiveable:
 Kalau dulu jalan-jalan sendiri bikin bahagia tapi kok ya sekarang kalau jalan sendiri makin inget Z udah gak nyaman jalan sendiri. Jadi sekarang bahagia sekali kalau bisa membersamai Z tanpa saya ada beban pikiran. Jadi ya semakin mudah menemukan bahagia itu. 

Realistic :
Berhubungan sama sehari hari banget. Bisa terus sama2 Z sepanjang waktu happy juga.  Saya sempat titik bosan harus selalu sama dia. Saya sebel kenapa harus bekerja dari rumah.  Tapi seiring dengan Z yang udah jarang crancky, Z yang makin besar udah kayak temen jadi brasa punya sahabat sepanjang waktu. 

Timebone:
Apa ya??..  Batas waktu yaaa semoga bisa setiap hari bisa tenang tapi kalau sudah menjelang hari deadline kamis Jumat saya sudah crancky sendiri pusing lah.  Sampe lupa Z udah makan belum ya?!  Haha.. 



#Indikator sebagai Istri

Kan suruh tanya suami ya,  baiklah...  Tugas pertama juga sudah tanya suami kok,  jadi buat yang ini lebih musah nanyanya. Dan ternyata doi juga mudah jawabnya. 

Di Sabtu pagi sebelum saya bikin sarapan, masih di atas tempat tidur saya akhirnya bertanya kepada Ayahnya Z. Apa yang membuat dia bahagia atas diri saya sebagai istrinya.  Jawabannya satu kata saja : Nurut. 
Bukan rajin atau bukan yang lain.  Haha secara saya malas dan itu gak penting buat dia. Yang penting saya nurut.  En U NU..  Er u Rut..  NURUT

Spesific: 
Suami saya saya panggil Ayah Z ya..  Doi itu tipekel semua dia yang urus dan rencanakan. Jadi saya harus nurut semua yang sudah dia rencanakan.  Kalau kehidupan berumah tangga rata2 seperti itu ya, tapi kalau Ayah Z itu sekecil mungkin dia atur dan saya harus ikutin.  Baiklah saya harus selalu nurut biar dia bahagia.  Lhaaa plus pahala juga,  emang ibadahnya istri kan nurut ke suami ya. 


Measurable:
Duh ini sih sepanjang sisa usia yaaa...  


Achievable:
Jujur susah, tapi demi meminimalisir pertengkaran demi demi... Demiii pokoknyaaa..  Demii doi bahagiaa cieeee...  


Realistic:
Waw sangat berhububgan dengan aktivitas sehari hari. Kalau saya nurut semua akan lancar bahagia semuaa...  

Timebone:
Selama lamanyaaaa..... 




#Indikator sebagai Ibu

Zidane atau saya panggil Z itu sudah mau 5 tahun.  Sudah besar, makin bisa dikendalikan tapi tetep sesuai mau dia. Pokoknya sudah besar dan kusenang sekali dia semakin membanggakan. 

Bangun tidur Sabtu pagi tadi saya iseng nanya.  Sambil masih Ndusel ndusel saya tanya apa yang buat Z senang?  

Z senang kalau umi apa?  


Dannn jawabannyaa : satu kata juga sama kayak ayahnya. 


Z jawab : ADA..  
Kalau umi ada, Zidan seneng. 


Hikzz baiklah...  Kehadiran saya disamping dia sangat berarti sekali ternyata.  Saya juga bingung kenapa semakin hari malah semakin dekat dengan Z.  Sepertinya karena saya juga semakin nyaman dengan dia,  dia juga tambah merasakan kehangatan saya. 

Eh tapi padahal saya merasa sama seperti dulu. Masih suka teriak teriak,  suka membentak kalau benar benar fatal bikin kesel atau membahayakan.   Selebihnya memang suka membiarkan dan saya masih suka meladeni dia kalau sudah berbicara. Z tipe anak cerewet dan senang bercerita dan saya suka ngobrol bareng mungkin itu yang membuat dia nyaman.

Saya bahagia kalau dia bahagia pastinya.  Seru juga merasa jadi manusia paling dibutuhkan sedunia haha..  Bahkan Z kalau bilang sayang saya itu se dunia, sambil dia membuat lingkaran sangat besar. Lalu kalau sayang ayah dia hanya membuat lingkaran kecil wahahahaha...  Umi brasa menang!! 

(emak emak kompetitif bgt ya akuhh..) 


Spesific:
Z sekarang kalau mau tidur harus ada saya, dia harus tidur di ketiak saya. Saat sedang bekerja di rumah pun dia selalu setia di samping. Bangun tidur yang dipanggil saya. 


Measurable:
All the time!! 


Achiveable:
Saya akan selalu ada di samping dia. Itu membuatnya bahagia.  Tapi terkadang sebagai ibu pekerja yang kerjanya di rumah tentu sebenarnya ini cukup mengganggi aktivitas saya. Mungkin nantinya saya akan memberi penjelasan walaupun Umi di rumah ada kalanya umi gak harus di dekat Z karena harus kerja. 


Time bone:
Ketika dia sekolah sih saya akan memberi sedikit jarak. Bahwa semua gak bisa minta tolong umi. Tidur gak harus ada umi.  Dan pastinya ketika sedang di pengajian atau sekolah umi tidak selalu menemani. 


Wawww... Jadi ibu dan istri berasa profesional sekali kalau sudah dibuat seperti ini.  

Sampai jumpa di NHW selanjutnya


Wassalam



Xoxo
Ananda nararya
#NHW2 
#MenjadiIbuProfesionalKebangganKeluarga
#kelasmatrikulasibatch7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar