Senin, 13 Juni 2016

Anak Laki-Laki Suka Masak ? Gak Masalah!





Bermain dan mengikuti apa yang menjadi ketertarikan anak itu suatu hal yang menyenangkan. Sebagai ortu juga seneng jadi kita tau apa yang diinginkan anak.


Begitu juga gw, jadi bisa tau kalo Z lagi tantrum alihin aja ke hobi dia. Tapiii kalo hobinya itu bikin orang aneh... jadi serba salah sendiri ya?!..


Iya .. ketertarikan/ hobi anak terbentur gender ato prespektif hobi itu yang identik dengan jenis kelamin trtentu.

Aneh gak aneh sih..


Jadi Z seneng banget masak. Lebih tepatnya seneng liat api, dan kegiatan yang dilakukan di atas api.
Merembet ke semua kegiatan di dapur.. hehehe







bermula dari ikut2 gw ke dapur. Haha namanya anak kecil gak mau ditinggal, jadi kalo gw masak Z pasti gw dudukin deket gw.

Eh padahal loh ya, gw gak full masak tiap hari. Kan udh ada ART yg masak. Gw cuma sesekali masak makanan Z kalo lagi rajin.

Tapi karena dia ga mau sndirian di kamar jadi ikutlah selalu. Punya toddler, kita pipis dan mandi juga ada stand by di samping kita loh... wahahahaa...

Nah dari situ Z anteng liatin gw lagi ngapain. Nanya2 pastinya.

Mi ngapain? De el el..

sampe dia mau coba pegang kompor, penggorengan, cobek dan semua alat dapur. kalo udah pegang dan main dengan alat dapur itu anteng banget bahkan makan aja lahap.


Ngulek ? Perih akibat bawang, gak bikin Z kapok tuh??!!!!




Hehe senjata banget kan buat ibu2 simpel macem gw. Kesempatan emas buat kasih makan anak sambil main. Teori makan di atas baby chair kayak anak2 bule gak ada tuh.. kalo Z sambil maen masak2an. LoL

Hobi dia itu didukung sama 2 sepupunya yg ktemu tiap hari dan  doyan maen masak2an.. secara cewee.. dengan peralatan dapur anak2 yang cukup banyak. Bikin Z tambah seneng...

Bahkan kalo udah megang dapur set, langsung bilang.
"Mi mau apa?"
Maksudnya mau dibikinin apa?

"Oke.. nasi goreng pedes."

Daannn.. sodara sodara dia langsung pura2 sibuk, dengan kompor kecil di atasnya. kemudian kasih piring ke gw.

Sweet bgt ya..!!

Atau

"Mi pedes ya?" Kemudian ambil gelas dan kasih ke gw.

*meleleh*

Tentu gw juga melakukan acting makan dan minum. Ini semua hasil jeplakan Najwa sepupunya yang cuma beda setaon ituuhh..

Nah, kalo lagi mau becanda juga bisa..
Saat dia nawarin trus gw sebut 1 makanan terus dijawab :
"Udah abis mi..."

gw pun ngasih ekspresi kekecewaan yang bikin dia ketawa.

"Yahh... yaudah kalo nasi goreng abis, mie goreng deh," tawar gw.

"Abis juga.."

"Yahh... sate deh.

"Sate abis .."

"Baso deh baso.."

"Baso abiss.."

Dan seterusnya sampe  Bang Ipul keluar penjara #apasih

ngelucu ala ala abang2 jualan ini juga hasil ngikutin Najwa.

ketertarikan Z sama masak memasak juga bukan hanya saat main tapi saat liat acara TV bahkan nonton Youtube dia mintanya masak masak.

Ini juga berawal dari sepupu2nya Z  yang minta nonton Yutub mengenai permainan masak masak.

Ehh Gw juga sih yang  mengalihkan Z kalo udh terlalu mengganggu di dapur dengan kegiatan di dapur tapi melalui layar HP.
Nah!
Gw kasih lah video beberapa vlogger luar negeri. nge-vlog sekeluarga gitu dan ga jarang anak-anaknya yang masak. FYI org bule mah bolehin banget anak2 masak bahkan anak cowok.

Ada juga video anak kecil bikin kue. Aaakkk.. emang lucu sih yutuban kek gini ketimbang nonton kartun muluukk...

Oke, dampak penilaian orang-orang sekitar terhadap hobi Z ini cukup bikin gw galau. Hm.... lebay ya...
karena maen masak2an hanya untuk anak perempuan. Jadi terlihat aneh bahkan kasian kalo Z doyan maen masak2an.

yang begini suka bikin gw bertanya tanya, dan takut kedepannya malah bikin Z bingung.

Ada saran sih temen, seorang ibu dua anak yang punya gaya parenting yang antimainstrem hehee.. dia bilang, arahkan Z saat di dapur itu adalah untuk bantu gw. Jadi masak untuk bantu Umi... sehingga timbulah jiwa sosialnya. #tsahh..

Bantu Umi aduk aduk adonan Bala-Bala



Nah.. tuh udah. udah gw lakuin, saat Z lagi ikut gw masak. Gw sll bilang, "Z anak baik, hebat bisa bantu umi masak ya. Z mau bantu umi masak kan??"

Dan jawaban dia pastinya cuma iya iya aja.

"Iya bantu umi.. iya.."

Entah dia paham gak dengan kata 'bantu' itu.

Kegalauan belum usai,  akhirnya gw konsultasi sama psikolog buat nanya masalah ini.

Taraaa....
Enaknya jadi wartawan ya kenal sama berbagai jenis profesi. Psikolog yang juga temennya temennya temen gw ini juga pernah jadi narasumber gw.

Anggia Chrisanti, psikolog anak dan keluarga yang juga punya Day Care dan Pre-School di wilayah Laladon, Bogor ini bakal jadi narasumber di blog gw terus nihh..  hehehe...

Mba Anggia bilang, kalo diliat dari kegiatannya atau pekerjaan yang dilakukan gak ada masalah sama sekali.

Tetapi yang biasanya jadi masalah kalo lingkungan sekitar yang ngeledek-ledekin.
Misal :
"Ih kayak perempuan."
"Ih banci.."

Menurut dia,
itu yg membahayakan.
LABELING itu yang jd permasalahan.

Terus mba Anggia juga kasih saran ke gw untuk MEMPERKENALKAN  profesi tukang masak alias chef yang laki-laki ke Z.
Bisa liatin deh tuh si ganteng Chef Juna yang kebetulab emang favorit gw. Hehe..
Atau beberapa anak cowo di master chef junior.

FYI master chef junior Indonesia session 1 runner up nya anak laki-laki namanya juga Zidan. Dan kebetulan gw pernah wawancara dia, tu anak emang kalem tapi ulet tekun mungkin karena hobi masak. Dulu juga Zidan si MCJI 2 ini sering ikut ibunya di dapur karena emang ibunya punya catering, semakin besar dia bantu ibunya sampai jadi hobi dan ahli sama seperti sang ibunda.





Oke kita tinggalkan Zidan MCJI balik lagi ke Zidane (Z) anak gw. Hihii..

Biar apa diliatin video chef chef laki-laki ini ???
Supaya Z nanti paham bahwa itu ga masalah. Supaya terbentuk juga image yang otomatis dia sadari.

Ini  bisa jadi SELF DEFENCE  dia kalo ada yang nanya atau bahkan sampe dia di bully.

Kata Mba Anggia, Sampe nanti Z bisa bilang
" Chef juna juga laki2"

Atau

"Aku mau kayak Chef Juna."

Yaps.. ini emang buat jaga jaga. Tapi menurut gw juga, sebelum di aplikasiin ini. Z juga harus belajar siapa laki-laki dan perempuan.

Ini masih dicoba banget. Karena Z suka pengen pake mukena tiap mau ikut solat. selalu gw bilang kalo Z itu pake sarung kayak ayah karena Z laki-laki.

Waahh.. bahasan lain  lagi  ini sih ya. diluar topik hobi masak2an ini ya hehehhe...

Tapi berkaitan lah ya..

Pokoknya gw bener2 ngejaga banget Z dari hal hal negatif dari luar. Biar dia paham kalo yang lakuin gak apa2 kok! Bukan sesuatu yang terlarang. Bukan berarti maen ini atau bantu Uminya di dapur hanya untuk anak perempuan.

Ini emang simpel emang sih.. dan sepertinya gw aja yg buat rumit. Ahh tapi percayalah.. ini bagian dari pembelajaran jadi orangtua.




Salam,
Emak-emak yang Takut Anaknya Di-Bully

Tidak ada komentar:

Posting Komentar